Jumat, 12 April 2013

Mengenal lebih dalam tentang galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti adalah sebuah galaksi tempat Matahari dan Bumi kita berada. Dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan lebar 1000 tahun cahaya, galaksi Bima sakti menampung milyaran bintang, termasuk Matahari (diperkirakan terdapat 400 milyar bintang di galaksi Bima Sakti). Sementara jarak Matahari dengan pusat galaksi Bima Sakti adalah 28.000 tahun cahaya. Yang dimaksud tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya merambat dalam jangka satu tahun, sementara kecepatan cahaya adalah 3x10 pangkat 8 m/s. Jadi 1 tahun cahaya berjarak 10.000.000.000.000 kilometer.


ukuran Bima Sakti


posisi Matahari di Bima Sakti

==Penamaan Galaksi Bima Sakti==
Galaksi Bima Sakti merupakan jenis galaksi spiral, maka menurut penamaan Hubble dinamakan dengan SBc (Spiral Barred, untuk pembahasan jenis2 galaksi bisa dilihat di trit ane yang lain. Di jepang orang menyebutnya sebagai Ama No Gawa atau yang memiliki makna sungai surga. Lain hal nya Di hungaria, orang hungaria menyebut nya sebagai Hadak Útja yang memiliki makna jalan para pejuang. Dari semua nama yang ada disetiap belahan dunia nama galaksi kita secara internasional diberi nama sebagai Milky Way atau Jalur susu sebagai mana makna dari bahasa latin Via Lactea.
Nah bagaimana di Indonesia bisa bernama Bima Sakti?
Hal ini dikarenakan sebuah mithology dari Indonesia di pewayangan. Orang jaman dahulu percaya bahwa kisah pewayangan benar-benar terjadi di Indonesia. Dalam mithology itu terdapat cerita ketika Bima diutus Bhisma (gurunya) untuk mencari sarang angin, dan ketika berada di lautan Bima harus bermusuhan dengan Naga raksasa. Saking dahsyatnya pertarungan mereka, langitpun merekam kejadian tersebut. Dari situlah penamaan Bima Sakti di Indonesia, karena menurut orang dahulu bentuk Bima Sakti menyerupai sang Bima sedang dililit Naga raksasa.





pertarungan Bima dengan Naga

==Pusat Galaksi==
Sebelum bicara tentang pusat galaksi, perlu diketahui galaksi Bima Sakti memiliki lengan2, yaitu

Lengan Norma
Lengan Scutum-Crux
Lengan Sagitarius
Lengan Orion atau Lengan Lokal
Lengan Perseus
Lengan Cygnus atau Lengan Luar
Matahari dan Bumi berada di lengan Orion, sementara pusat galaksi adalah di sekitar Sagitarius.




lengan-lengan galaksi Bima Sakti

Teori sementara ini yang ada di pusat Galaksi adalah sebuah lubang hitam supermasif Sagitarius A. Untuk pembahasan lubang hitam bisa dilihat di trit ane yang lain.

==Penggambaran==
Perlu diperhatikan, segala gambar galaksi Bima Sakti diatas adalah editan semata. Belum ada teknologi manusia yang dapat memfoto galaksi Bima Sakti dengan view spiral. Namun bagaimana manusia bisa menggambarkannya?
Sekarang mari kita analogikan dengan mempelajari rumah kita sendiri. Bayangkan ente berada dalam rumah yang terkunci dan tak pernah bisa keluar dari rumah itu. Jadi ente pun tidak akan tahu bagaimana bentuk rumahmu secara utuh. Tapi bukan berarti ente tidak bisa mengetahui bentuk rumahmu.
Dari dalam rumah ente bisa mengamati setiap sisi dan sudut. Kita tahu seperti apa kira-kira bentuk temboknya, atapnya, jendelanya. Kemudian kita juga bisa melihat rumah-rumah lain dari balik jendela. Maka kita pun bisa membandingkan dengan rumah-rumah tetangga dan mencari kira-kira rumah kita mirip yang mana. Maka kemudian kita pun bisa menggambarkan seperti apa rumah kita. Seperti itulah cara para astronom mengetahui bentuk galaksi Bima Sakti.
Untuk foto galaksi Bima Sakti yang asli tanpa editan seperti ini.



0 komentar:

Posting Komentar