Sabtu, 23 Februari 2013

Terminal pada OS Linux


Terminal merupakan alat yang melayani proses input/output jadi merupakan penghubung antara manusia dan mesin selain mesin ke mesin. Pilihan terminal ditentukan oleh kebutuhan pada saat sekarang dan akan datang Pemilihan terminal merupakan keputusan yang penting karena padaterminal tergantung antara hubungan antara manusia dan mesin. Beberapa macam terminal hanya dapat menerima masukan (input) saja, beberapa yang lain hanya keluaran (output) saja. Kecepatan dan kemampuan pengolahan data serta pengambilan maupun pengiriman informasi tergantung padaterminal yang dipergunakan. DTE dalam menyampaikan datanya ke DCE akan  enggunakan salah satu cara di bawah ini:

a. Asinkron:
Dengan penggunaan start/stop bit. Umum digunakan untuk terminal yang menerima data dalam bentuk karakter dan yang langsung berhubungan dengan manusia. Kecepatannya biasanya tidak begitu tinggi.

b. Sinkron:
Blok data akan dikirimkan setelah terjadi sinkronisasi antara pengirim dan penerima. Blok data umumnya berupa berita (teks) yang terdiri atas sejumlah karakter. Kecepatannya tinggi.

c. Paket:
Data dikirimkan dalam bentuk paket yang terdiri atas sejumlah bit yang telah ditentukan banyaknya. Sinkronisasi yang perlu dilakukan hanyalah untuk menentukan awal dan akhir arus bit. Data merupakan arus bit dan bukan arus karakter. Kecepatannya tinggi. Terminal ini digunakan bila komputer disambungkan ke jaringan data (data network).


Beberapa macam terminal yang dikenal adalah:



1. Terminal kalsik:
Lebih dikenal sebagai dumb terminal, sekarang PC banyak digunakan untuk melakukan fungsi ini misalnya dengan menggunakan program Hyperterm yang ada pada OS Windows. Tugasnya melakukan komunikasi sederhana dengan perangkat terutama untuk melakukan konfigurasi.



2. Work Station
Komputer yang mempunyai kemampuan tinggi terutama pengolahan graphics misalnya untuk GUI (Graphical User Interface) sebelum adanya browser.



3. Point of Sale terminal, Tansaction terminal
Terminal yang khusus yang dirancang untuk melaksanakan transaksi komersial tertentu.



4. Server
Merupakan komputer yang berkemampuan tinggi terutama dalam kecepatan pengolahan dan mempunyai memory yang besar karena sering digunakan untuk menyimpan database.



5. Front end processor
Dalam jaringan komputer IBM/SNA komputer ini digunakan untuk melayani kegiatan komunikasi data. Semua kegiatan komunikasi dilayaninya dan kegiatan pengolahan data diberikan ke host (main frame) yang umumnya tidak dirancang untuk melakukan kegiatan ini. Front end bekerja sama dengan host komputer untuk mengurangi bebannya dalam melayani masalah komunikasi data. Semua masalah komunikasi data akan dilayani olehnya. 

0 komentar:

Posting Komentar