Senin, 11 Agustus 2014

Pemrograman Mobile

Pengertian Mobile Progamming

Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan untuk perangkat mobile. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peraltan mobile adalah kendala dalan segala dalam hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara menginput data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya perbedaan hardware dan API yang di gunakan.
Macam-macam Mobile Programing untuk ponsel :
1. J2ME
2. C++ dalam symbian framework
3. Flash Lite
4. Objective C yang hanya digunakan oleh Iphone
5. C++ dalam Brew framework untuk handphone CDMA
6. C#.NET untuk handphone yang bersistem windows phone
7. Javafx mobile untuk handphone android
8. PHP

PENGERTIAN JAVA MOBILE 

        Java adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++.Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada tahun 1995 oleh Sun microsystems. Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan , James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems . Uniknya nama java diambil dari nama pulau jawa ( bahasa inggris dari jawa ) karena James Gosling " Bapak Java " menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa . Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia .
        Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek,maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain , membuat dan mengembangkan program java dengan cepat.
 Kelebihan Java :Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti. Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java . Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi . Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar
( Java Archive ) .
Kekurangan Java :Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit.


J2ME

Java2 Micro Edition atau J2ME merupakan salah satu teknologi dari Bahasa Pemograman Java yang memungkinkan pembuatan aplikasi-aplikasi Java bisa berjalan pada perangkat mobile/handpone atau PDA (Personal Digital Asistent) yang karakteristiknya berbeda dengan PC (personal computer), seperti kecilnya jumlah memory pada handphone dan PDA, serta keterbatasan interface dari perangkat tersebut. J2ME juga merupakan lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak JAVA pada barang elektronik berserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi dengan baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat yang lain. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi yang lebih kecil dibandingkan dengan computer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, PDA, dan sejenisnya.
Teknologi J2ME juga memiliki beberapa keterbatasan jika diaplikasikan pada ponsel. J2ME sangat bergantung pada device yang digunakan, bisa dari merk ponsel, maupun kemampuan ponsel, dan dukungan terhadap teknologi J2ME. Misalnya, jika sebuah ponsel tidak memiliki kamera maka jelas J2ME pada ponsel tersebut tidak dapat mengakses kamera.
   Salah satu teknologi yang dikembangkan untuk pemrograman aplikasi-aplikasi untuk perangkat mobile adalah WAP (Wireless Aplication Protocol), namun WAP hanya salah satu dari beberapa teknologi nirkabel dan dalam perkembangannya, WAP kurang suskes di pasaran.
   Berawal dari hal tersebut, perusahaan Sun Microsistem mencoba untuk mengembangkan teknologi Java yang dapat dijalankan untuk pemrograman wireless. J2ME merupakan salah satu teknologi Java yang dikembangkan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi perangkat wireless. Seperti teknologi Java yang lain, J2ME terdiri atas beberapa komponen. Antara lain yaitu :
      a. Java Virtual Machine (JVM) =>> Komponen ini digunakan untuk menjalankan program-program Java pada emulator.
     b. Java API (Aplication Programing Interface) =>> Koponen ini merupakan kupulan library yang   digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan program Java pada handphone.
      c. Tools =>> Komponen ini digunakan untuk pengembangan apliaksi Java, semacam emulator Java Phone.

Connected Limeted Device Configuration (CLDC)

 CLDC atau Connected Limited Device Cofiguration adalah perangkat dasar dari J2ME, spesifikasi dasar yang berupa library atau API yang diimplementasikan pada J2ME, seperti yang digunakan pada telepon selular, pager, dan PDA. Perangkat tsb dibatasi dengan keterbatasan memory, sumber daya, dan kemampuan memproses. Spesifikasi CLDC pada J2ME adalah spesifikasi minimal pada package, class, dan sebagian fungsi Java Virtual Machine yang dikurangi agar dpat diimplementasikan dengan keterbatasan sumber daya pada alat tersebut, JVM yang digunakan adalah KVM (Kilobyte Virtual Machine).

Mobile Information Device Profile (MIDP)

            MIDP atau Mobile Information Device Profile adalah spesifikasi untuk sebuah profil J2ME. MIDP memilik lapisan diatas CLDC, API tambahan untuk daur hidup aplikasi, antar muka, jaringan, dan pemyimpanan persisten. Pada saat ini terdapat MIDP 1.0 dan MIDP 2.0. Fitur tambahan pada MIDP 2.0 dibandingkan MIDP 1.0 adalah API untuk multimedia. Pada MIDP 2.0 terdapat dukunagan memainkan tone, tone sequence, dan file WAV walaupun tanpa adanya Mobile Media API (MMAPI).

MIDlet

MIDlet adalah aplikasi yang ditulis untuk MIDP. Aplikasi MIDlet adalah bagian dari class javax.microedition.midlet.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. MIDlet berupa sebuah class abstrak yang merupakan subclass dari bentuk dasar aplikasi sehingga antarmuka antara aplikasi J2ME dan aplikasi manajemen pada perangkat bisa terbentuk.


Daur Hidup MIDlet

 MIDlet terdiri dari beberapa method yang harus ada, yaitu contructor(), protected void startApp() throws MIDletStateChangeException, protected void pauseApp(), protected void destroyApp (Boolean unconditional) throws MIDletStateChangeException.
            Ketika MIDlet dijalankan maka akan diinisialisasi dengan kondisi pause dan dijalankan pauseApp(), kondisi berikutnya adalah fungsi MIDlet dijalankan, yaitu pada startApp(). Metode yang ada tersebut diimplementasikan sebagai protected, hal ini dimaksudkan agar MIDlet lain tidak dapat memanggil method tersebut. Pada saat pemakai keluar dari MIDlet, maka method destroyApp() akan dijalankan sebelum MIDlet benar-benar tidak berjalan lagi. Method notifyDestroyed() akan dipanggil sebelum MIDlet benar-benar tidak berjalan lagi, DestroyApp() akan memanggil notifyDestroyed(), dan notifyDestroyed() akan memberi tahu platform untuk menterminasi MIDlet dan membersihkan semua sumber daya yang mengacu pada MIDlet

J2ME Wireless Toolkit

          J2ME Wireless Toolkit adalah perkakas yang menyediakan lingkungan emulator, dokumentasi beserta contoh-contoh aplikasi JAVA untuk perangkat kecil. J2ME WTK berbasiskan pada CLDC dan MIDP. J2ME WTK adalah program yang meniru kerja ponsel yang mendukung MIDP atau yang disebut emulator. Oleh karena itu, belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada ponsel yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dan kapasitas ponsel yang digunakan.


Sumber : http://absurdinfo.blogspot.com/2014/08/pemrograman-mobile.html

0 komentar:

Posting Komentar