Sabtu, 02 Maret 2013

Tutorial Mengoptimalkan Kinerja Windows 8



Mengoptimalkan Windows 8 - Saat mendengar kata Windows 8, pasti terlintas di benak anda proses booting yang cepat dan memang proses booting Windows 8 lebih cepat daripada versi Windows terdahulu, penggunaan memori yang lebih rendah, dan memiliki desktop interface yang terasa baik dan tajam. Seperti semua versi Windows, sistim operasi ini memiliki berbagai macam pengaturan supaya anda dapat men-tweak supaya membuatnya lebih cepat dan optimal.
Beberapa tips atau langkah yang akan saya share disini juga berlaku untuk versi Windows sebelumnya, tetapi Windows 8 memiliki beberapa trik baru. Untuk mempersingkat waktu, silahkan lihat tips dan trik saya dibawah ini :

1. Nonaktifkan Animasi pada Jendela Aplikasi.
Windows 8 (dan Windows 7) akan memperlihatkan gerakan animasi bila Anda meminimize, melebarkan, membuka, atau menutup suatu jendela aplikasi. Animasi nya memang terlihat halus, tetapi dia memiliki sedikit penundaan dalam prosesnya. Jadi, Anda dapat menonaktifkan animasi dan transisi jendela dan akan membuat seluruh proses buka-tutup jendela terjadi secara instan, atau dengan kata lain menghilangkan penundaannya.

Untuk menonaktifkan animasi tersebut, cukup tekan tombol Windows, lalu ketik SystemPerformanceProperties, dan tekan Enter. Hilangkan tanda centang pada “Animate windows when minimizing and maximizing”. Dan juga, anda bisa mematikan animasi 'Fade or slide menus into view" dan juga "Fade or slide ToolTips into view".
2. Cari Aplikasi yang Menggunakan Banyak Resources

Task manager baru pada Win 8 memungkinkan Anda untuk menentukan program yang dapat memperlambat komputer Anda dengan mudah. Untuk membuka Task Manager, klik kanan taskbar desktop dan pilih Task Manager. Klik pilihan rincian lebih jika Anda tidak melihat antarmuka fitur ini secara penuh.
Aplikasi yang menggunakan banyak sumber daya akan disorot, sehingga mudah untuk melihat program mana yang paling boros dalam menggunakan sumber daya  atau resources memory komputer Anda. Daftar ini juga menunjukkan daftar sederhana dari aplikasi, yang lebih mudah untuk dipahami.
3. Gunakan Program Keamanan Bawaan Windows saja.

Seringkali saat kita menginstall antivirus dari pihak ketiga, bukannya computer kita bertambah cepat, tetapi malah bertambah lambat walaupun sistim keamanan computer kita meningkat. Hal ini seringkali mengganggu kinerja kita dalam menggunakan computer. Untuk itu, coba gunakan aplikasi keamanan yang sudah disertakan di dalam Windows 8. Program keamanan tersebut bernama Windows Defender yang pada dasarnya sama dengan aplikasi Microsoft Security Essentials yang sudah populer sebelumnya.
Selain itu, Windows 8 juga sudah mencakup fitur SmartScreen, yang akan menganalisis seberapa tinggi tingkat kepercayaan program yang telah Anda download. Seperti pada versi sebelumnya, sistim operasi ini juga mencakup firewall yang akan menghalangi koneksi masuk. Jika Anda ingin pengaturan lebih dan pilihan yang bervariasi, Anda mungkin ingin menginstal suite keamanan dari pihak ketiga. Tetapi akhirnya sebagian besar pengguna akan menemukan bahwa program keamanan yang termasuk dalam paket Windows 8 sudah cukup lengkap untuk dapat diandalkan.
4. Mengoptimalkan Pengaturan Daya

Windows 8 sudah menggunakan pengaturan daya otomatis untuk menentukan apakah baterai atau kinerjanya yang harus diprioritaskan, seperti fungsi yang terdapat pada windows sebelumnya. Untuk melihat Power Plan Setting, tekan tombol Windows, Power Plan Option, klik Settings, dan tekan Enter.
Dalam modus default Balance, Windows secara otomatis mengurangi kecepatan CPU Anda ketika laptop anda dalam keadaan idle dan tidak memerlukan daya yang besar. Dalam mode kinerja tinggi, kecepatan CPU Anda tidak pernah berkurang.

Namun, setting seperti ini tidak optimal dan hanya membuang daya dan menambah panas saja bila anda hanya menggunakan komputer untuk browsing saja. Apapun rencana yang Anda pilih, pastikan Anda tidak menggunakan fitur Penghemat daya. Ini hanya berguna jika Anda ingin membuat baterai laptop anda menjadi lebih boros.
5. Setting Komputer Anda Untuk Masuk Dalam Mode Sleep

Salah satu bagian Windows 8 yang paling kontroversial adalah dengan menyembunyikan tombol Shut Down dalam pilihan menu tersembunyi. Microsoft ingin mendorong Anda untuk menggunakan modus Sleep bukan mematikan komputer Anda. Bila Anda menggunakan mode Sleep, komputer Anda masuk ke dalam keadaan dengan daya yang sangat rendah dan menggunakan daya yang hanya cukup untuk menjaga program dan membuka file aktif dalam RAM komputer Anda. Ketika Anda kembali ke komputer Anda, secara otomatis sistem akan melanjutkan dari program yang dijalankan sebelumnya.

Anda bisa menemukan pilihan Sleep di bawah menu power dalam tampilan Settings. (Tekan Windows Key + C, klik Settings, klik Power, dan pilih Sleep). Tombol power komputer Anda juga dapat dikonfigurasi untuk menggunakan Sleep otomatis. Anda dapat mengubah opsi ini dengan mengklik “Choose what the power button do”  di jendela Power Options yang telah disebutkan di atas.
6. Optimalkan Hard Drives Anda

Windows 8 yang sekarang telah dilengkapi oleh Disk Defragmenter yang bernama Defragment and Optimize your Drives. Untuk mengaksesnya, tekan tombol Windows, ketik Defragment, klik Settings, dan tekan Enter. Perhatikan bahwa Windows 8 secara otomatis akan mengoptimalkan (defragments) drive Anda dengan intensitas sekali per minggu secara default. Namun, jika Anda memiliki sirkulasi file dalam jumlah besar dalam hardisk anda, maka Anda mungkin harus mengoptimalkan drive Anda lebih sering.
Seperti pada versi Windows sebelumnya, klik tombol Analyze untuk melihat persis bagaimana system anda terfragmentasi.
 7. Mengatur Program Startup


Windows Task Manager pada Windows 8 memiliki tampilan baru yang sekarang dapat mematikan program Startup yang dapat membuat komputer anda semakin lambat. Yang perlu anda lakukan hanyalah klik tab "Startup" dan anda bisa melihat program apa saja yang berdampak kurang baik pada komputer anda.

8. Mengatur Indexing Service
Fitur Indexing service di Windows sangatlah berguna bagi pengguna untuk mencari file yang ada di komputer. Sehingga, ketika anda ingin mencari file di yang terdapat di dalam komputer, prosesnya akan terasa sangat cepat dan begitu mudah. Indexing Service juga menggunakan CPU time agar fitur ini dapat berjalan. Sehingga, jika anda menonaktifkan fitur Indexing ini, maka komputer anda akan menjadi lebih cepat.
Tentu saja, dengan menonaktifkan fitur Indexing, anda tidak bisa melakukan pencarian secara cepat. Jadi jika anda sering menggunakan Search, maka anda sebaiknya jangan menonaktifkan fitur ini. Nonaktifkan fitur ini hanya jika anda tidak pernah menggunakan Search.
Untuk mematikan Windows Search, tekan tombol Start, ketik 'service.msc' dan tekan enter. Arahkan kebawah dan cari 'Windows Search'. Klik kanan dan klik Properties. Pada bagian Startup, pilihlah 'Disabled'. Lalu, klik Stop untuk menghentikan fiturnya. Dan klik OK.

 
 Semoga Bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar