Sabtu, 02 Maret 2013

Tutorial Cara Backup Aktivasi Windows 8

backup activation windows 8




Backup Aktivasi Windows 8 - Setelah aktivasi windows 8, anda sebaiknya melakukan backup terlebih dahulu agar windows anda aman dan tidak perlu melakukan aktivasi lagi jika anda menginstall ulang Win 8 anda. Anda tidak ingin kan memasukkan product key lagi seperti gambar diatas dan melakukan aktivasi lagi dari awal? Dibawah ini akan saya berikan sedikit tutorial mengenai langkah-langkah membackup aktivasinya.
Pertama-tama, pergi ke "C:\Windows\System32\spp\" kemudian backup folder "store". Terserah mau anda taruh di mana saja, yang penting aman.
***Attention***
Sebelum membuat backup, pastikan semua driver hardware terinstal dengan sempurna dan pastikan folder "store" berisi file dan folder sbb :
1 file data.dat which is hidden
 1 file tokens.dat which is visible
1 folder cache yang berisi sebuah cache.dat
Cara restore aktivasi yang sudah di backup :
  1. Setelah install ulang dan menginstal driver hardware yang diperlukan,, jalankan command slmgr -upk di CMD (as admin) untuk uninstall key nya jadi status aktivasi akan berubah menjadi Unlicensed.
  2. Kemudian buka msconfig lewat Run (ketik msconfig di RUN). pilih tab Boot kemudian Safe boot, pilih Minimal, kemudian di apply dan restart. 
  3. Saat sudah rebooted dan masuk Safe mode, buka CMD as Administrator kemudian ketik "net stop sppsvc" untuk mematikan Software Protection Platform service (kadang kita mendapat pesan it's already stopped and not running)
  4. Pergi ke "C:\Windows\System32\spp\" dan replace store folder dengan yang sudah kita backup tadi (cukup di copy paste untuk menimpa folder "store" dan isi-isi nya yang lama)
  5. Pergi ke "Run" dan ketik "msconfig" kemudian pilih "Normal start up" di bagian tab General , kemudian di apply dan restart. 
  6. Cek status aktivasi, caranya buka cmd (as admin) >> ketik slmgr /dli atau slmgr/dlv atau slmgr /xpr
  7. Voila!! Anda sudah berhasil mengaktivasi ulang windows 8 anda tanpa melalui skype,.. :)
backup activation windows 8 key

Oiya, cara ini 100% gagal kalo hardware diganti (misal: ganti VGA, ganti HD, ganti mobo) dan (katanya) tidak bisa aktivasi dari 1 versi untuk versi yang lain (misal: yang di backup aktivasi enterprise di pakai untuk aktivasi profesional), tapi beberapa orang bilang bisa. Ya monggo dicoba saja, siapa tahu memang bisa,.. hehe Dan juga menginstal driver baru akan merusakkan aktivasi Windows 8 akan memaksa anda untuk "reactivate". Salah satu cara menghindari nya adalah pastikan semua driver sudah ter install sebelum di aktivasi (replace folder "store") atau membuat backup aktivasi.

0 komentar:

Posting Komentar