Selasa, 19 Februari 2013

Mengenal lebih dalam tentang Prosesor



PROSESOR
            Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer, sering juga disebut dengan Central Processing Unit (CPU). Bentuknya yang kecil membuat prosesor sering disebut juga dengan mikroposesor. Prosesor berkaitan dengan kecepatan kinerja sebuah komputer. Perkembangan teknologi komputer yang dikeluarkan oleh para vendor selalu menawarkan prosesor terbaru yang diproduksi oleh vendor tersebut.
            Kecepatan komputasi yang dimiliki sebuah prosesor tergantung pada jumlah tarnsistor yang terdapat pada Intergrated Circuit (IC) prosesor tersebut. Sebuah prosesor dengan jumlah transistor yang  lebih banyak pada IC-nya akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi.


Prosesor Intel
Pentium III
            Posesor Pentium III memperluas jajaran keluarga prosesor 32 byte Intel x86, mampu meningkatkan performa yang dibutuhkan untuk aplikasi dekstop pada umumnya sebaik workstation dan server. Prosesor Pentimum III kompatible dengan semua aplikasi ynag diinstal pada DOS, Windows, OS/2, dan UNIX. Pentimum III menggunakan soket 370 dengan kecepatan maksimum sebesar 1,4 GHz, L1-Cache: 16+16 KiB, L2-Cache 256/512, dan FSB sebesar 133 Mhz pada seri Tualatin.

Pentium IV
            Pentimum IV adalah mikroposesor generasi ketujuh yang dibuat Intel Corparation dan dirilis pada bulan November 2000 meneruskan prosesor Intel Pentium III. Gambar-gambar yang di tampilkan juga menjadi lebih lebih halus dan lebih tajam. Selain itu, kecepatan memproses, mengirim, atau menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Dengan prosesor yang lebih cepat dingi, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium III.

Pentium M
            Intel Pentium M diperkenalkan sebagai bagian dari teknologi Intel Centrino pada 12 Maret 2003. Teknologi Centrino terletak pada susunan komponen, termasuk proseso Intel Pentium M atau Celeron M, chipset Intel 855 atau 915M, dan Intel PRO/Wireless adapter yang dapat digunakan untuk membangun sistem dengan suppoet wireless yang terintergrasi dan baterai yang tahan lama. Intel M dapat bekerja lebih baik bila dibandingkan dengan Intel Pentium IV. Sebagai contoh, Pentium M 1,6 GHz memiliki kerja yang sebanding dengan Pentium IV 2,4 GHz saat menggunakan daya yang lemah.

Celeron
            Intel Celeron merupakan prosesor x86 dengan desain Pentium. Awalnya, Celeron berbasis pada arsitektur Intel Pentium II, kemudian bermigrasi ke arsitektur Pentium III dan Pentium IV. Harga Celoron lebih murah bila dibandingkan dengan prosesor-prosesor Pentium sekelasnya. Prosesor Celeron tidak memiliki beberapa fitur yang dimiliki oleh prosesor high end (seperti Idual proscessing  atau multiprocessing). Celeron juga lebih lambat bila dibandingkan dengan Pentium sekelalsnya dengan ukuran L2 cache yang lebih kecil dan kadang memiliki bus speed yang lemah. CPU Celeron biasanya dikemas dengan cara yang sama seperti pada prosesor Pentium II/III/IV.
            Membedakan proseor generasi Celeron dekstop sangat mudah, perbedaanya terletak pada perbedaan tipe kemasannya. Celeron dengan basis Pentium II dikemas dengan slot 1 atau PPGA plastik, Celeron dengan basis Pentium III dibuat dengan FC-PGA, dan Celeron degan basis Pentium IV dikemas dengan 478 pin FC-PGA2.

Celeron D
            Intel Celeron D merupakan nama dagang baru bagi prosesor Celeron. CPU dengan prosesor Celeron tercepat memiliki core Northwood 0,13 mikron. Prosesor mikro dan core Cedar MiII 0,065 mikron. Mode 64 byte juga digunakan pada prosesor Celeron D berbasis core Cedar MiII. Selain itu, CPU ini juga memiliki L2 cache yang lebih besar, yaitu 512 KB, sedangkan pada prosesor Celeron D Prescoot hanya 256 KB.

Core 2 Duo
            Core 2 Duo adalah sebuah prosesor keluaran Intel berkecepatan 2.400 MHz yang dirilis Intel pada juli tahun 2006. Pesaing prosesor ini adalah AMD Athlon FX 60 (Core 2 Duo unggul dengan perbedaankinerja sekitar 15%). Dengan overclock hingga 3,4 GHz, Athlon FX 60 hanya bisa unggul tipis dari Intel Core 2 Duo. Hal ini membuktikan bahwa Intel Core 2 Duo jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan pendahuluan dengan pendahuluannya dalam mengeksekusi.

Core 2 Quad
            Core 2 Quad adalah prosesor keluaran Intel setelah mereka sukse dengan peluncuran Core 2 Duo. Intel Core 2 Quad sendiri merupakan hasil penggabungan 2 perosesor Core 2 Duo ber-cache L2 sebesar 8 MB (2x4 MB). Prosesor Core 2 Quad merupakan prosesor yang menarik dan menjadi pilihan yang aman untuk masa depan, walaupun untuk saat ini masih banyak software yang belum bisa menggunakan prosesor ini.

Core i7
            Intel Core i7 merupakan bagian dari plaftform Nehalem. Prosesor ini dianggap sebagai perubahan sebagai perubahan terbesar abad ini dalam bidang arsitektur prosesor. Perubahan besar yang ada pada prosesor baru ini bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya terdapat pada letak memory controller. Tidak seperti generasi-generasi sebelumnya, seperti Pentium maupun Core 2 Duo, dimana mempry controller terletak pada chipset terpisah, yaitu Northbridge. Pada pusat prosesor itu sendiri. Fitur lain dari Core i7 adalah penambahan SSE4 extension pada intruction set, sehingga kinerja prosesor pada tataran multimedia menjadi lebih baik

Prosesor AMD
AMD Athlon
            Athlon adalah seri mikroposesor generasi ketujuh yang dibuat AMD dan merupakan pengganti dari seri K6 yang didesain oleh NexGen Corporation. AMD Athlon memiliki arsitektur mirip dengan dua buah prosesor RISC 64-byte, yaitu DEC (Digital Equipment Corporation) Alpha 21164 dan 21264. Kecepatan maksimum yang dimilikioleh prosesor seri Athlon ini adalah 500 MHz – 2,33 GHz, dengan besar FSB 100 – 200 MHz.

AMD Opteron
            AMD Opteron adalah sebuah mikroprosesor 64 byte yang dirilis AMD pada tahun 2003 untuk pasar workstation. Arsitektur AMD Opteron sama dengan AMD Athlon 64, yaitu AMD64. Untuk pasar workstation, AMD Opteron berusaha menyaingi prosesor buatan Intel, yaitu Xeon dan pesaing Itanium di pasar server high-end. AMD Opteron jauh lebih baik dari prosesor Intel Xeon yang berbasis mikkroarsitektur Intel NetBusrt dirilis dari performance/watt-nya (kinerja yang ditujuhkan tiap watt yang digunakan), tetapi belum bisa menyaingi efsiiensi prosesor Intel Itanium 2.

TIP MEMBELI PROSESOR
Berikut tip memilih prosesor yang tepat untuk komputer Anda.

1.      Pilih prosesor yang sesuai dengan kemampuan motherboard Anda. Perhatikan jenis prosesor, soket prosesor, dan kecepatan prosesor.
2.      Pastikan prosesor yang Anda beli bukan barang refurblish (barang lama yang diperbaharui).
3.      Pastikan prosesor yang Anda beli dalam keadaan baik dan lengkap.
4.      Pastikan prosesor memiliki garansi dan layanan purna jual yang baik.



Permasalahan Seputar Prosesor

No
Gejala
Penyebab
Solusi
1.
Prosesor terlalu panas
Pemasangan heatsink dan kipas kurang tepat
Lakukan pemasangan ulang pada heatsink dan kipas prosesor
Heatsink dan kipas kotor
Berishkan heatsink dan kipas prosesor dengan menggunakan kuas bersih
Kipas prosesor tidak mampu mendinginkan
Ganti heatsink dan kipa prosesor dengan pendingin yang baru
Overclock
Kembalikan setting proseor ke normal
Tegangan input ke prosesor terlalu besar
Ganti power supply dengan yang baru
2.
Kipas prosesor berisik
Heatsink dan kipas kotor
Bersihkan heatsink dan kipas prosesor dengan menggunakan kuas bersih
Putaran kipa terhalang oleh kabel
Rapikan kembali susunan kabel di dalam CPU
3.
Sistem tidak mau starup setelah dilakukan penggantian proeor baru
Pemasangan prosesor yang kurang tepat
Segera lepas kembali prosesor dan lakukan pemasangan ualang
BIOS tidak mendukung prosesor baru
Update BIOS dengan BIOS versi terbaru

0 komentar:

Posting Komentar